Laman Muka

Web Hosting Gratis

Free Website Hosting

Sunday, 12 August 2007

Publik Menunggu

Dalam dua minggu menjelang KLB PJI yang akan dilaksanakan ini, nampak geliat usulan calon pimpinan organisasi ke depan, Genderang yang ditabuh BSH, semula saya tangkap sebagai pemancing karena adem-ayemnya persipan KLB. Nama-nama yang muncul cukup menggembirakan, karena ternyata kita memiliki banyak kader yang cukup kompeten.

Ijinkan saya untuk tidak menyebut nama dulu, tetapi sebagai gambaran tak kurang dari selusin kader yang muncul, dan mereka telah terbukti militan berada dalam organisasi ini. Pokok persoalan yang ingin saya sampaikan adalah keberadaan pemimpin organisasi paska KLB dan kiprah pers dalam kancah lokal, nasional dan global.




Pemikiran tersebut berawal dari keprihatinan saya atas kondisi bangsa ini, yang dalam perkembangan terakhir malah melahirkan disparitas sosial ekonomi yang tinggi paska reformasi, bahkan hal tersebut di blow up oleh PDI Perjuangan dalam paparan pandangan oposisi melalui iklan pada harian Kompas dan pernyataan tentang kemiskinan yang mencapai ratusan juta penduduk.

Pertanyaan saya adalah di mana peran pers dalam hal ini, di mana jurnalis berkiprah untuk membangunkan kesadaran bersama untuk dapat membangun bangsa ini secara benar. Untuk itu diperlukan pemehaman, jaringan dan sumberdaya lainya yang cukup. Dan sampai saat ini tidak ada organisasi wartawan yang tampil untuk melakukan hal tersebut, demikian juga dengan PJI atau PWIR.

Memang pers tumbuh di mana-mana di seluruh nusantara, kawan-kawan di daerah pasti memahami hal tersebut, tetapi pertumbunhanya lebih dikarenakan enterpreuner drive, dengan profit oreinted, yang bila perlu dilakukan dengan mengorbankan kepentingan umum bangsa. Di sinilah, saya ingin mempertaruhkan organisasi kita untuk menjembatani kebutuhan tersebut, yakni kebutuhan untuk hadirnya pers nasional yang berpihak kepada kepentingan umum.

Dalam KLB saya berharap terjadi diskusi yang cukup dinamis untuk menlurkan blue print organisasi sebagaimana yang kita mimpikan, sumberdaya yang kita miliki cukup baik, permasalahanya sejauh mana kita dapat mensinergikan sumberdaya yang kita miliki itu untuk tujuan yang kita cita-citakan .

Untuk itulah panitia mengharapkan dalam KLB di Subang 24-26 Agustus nanti, akan muncul usulan tentang pandangan organisasi, sikap organisasi serta program, dan kita akan melahirkan kepengurusan yang mampu untuk melaksanakan amanat organisasi, untuk kepentingan bangsa secara keseluruhan, karena kita yakin memiliki jaringan yang dapat kita gunakan di daerah-daerah untuk melakukan hal tersebut.

Wassalam

In May Facebook