Laman Muka

Web Hosting Gratis

Free Website Hosting

Friday, 6 April 2007

Pernyataan Sikap

Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI)
Care Taker Kordinator (Korda) Jawa Barat
Atas Tindak Kekerasan dan Ancaman terhadap
Wartawan di Jember.

Memperhatikan peristiwa yang menimpa Taufik Soleh, wartawan sekaligus peneliti Desantara Institute for Cultural Studies di jember, yang mengalami tindak kekerasan dan ancaman akan dibunuh dari Popong pada tanggal 3 April, akibat tulisanya di harian Surya, berkaitan dengan soal budaya setempat.

Maka dengan ini kami sebagai organisasi wartawan di Jabar menyatakan solidaritas atas kekerasn dan ancaman yang dialami Taufik Soleh, serta mengutuk setiap perbuatan kekerasan dan ancaman kekerasan terhadap wartawan akibat karya jurnalistiknya.

Dan menyerukan kepada seluruh wartawan serta organisasi wartawan untuk membangun solidaritas serta melakukan upaya pencegahan agar hal demikian tidak lagi terjadi di manapun.

Kepada Kapolri diminta untuk mengusut kasus tersebut dan menindaklanjuti sebagaimana hukum yang berlaku.

Kepada Pengurus Nasional PJI diminta untuk dapat menggerakan Korda PJI Jatim untuk membengun solidaritas di Jember dan menentang tindak kekerasan dan ancaman tersebut.

Demikian pernyataan sikap ini kami sampaikan mengingat bahwa sudah saatnya kekerasan terhadap wartawan akibat karya jurnalistiknya dilindungi secara hukum sebagai bagian dari penegakan kebudayaan dan martabat wartawan.

Subang, 8 April 2007
Ketua Presidium Care Taker
PJI Korda Jabar

Kaka Suminta

No comments:

In May Facebook