Laman Muka

Web Hosting Gratis

Free Website Hosting

Saturday 7 April 2007

Sikap dan Prinsip PJI

Saya ingin kembali menegaskan sikap kita atas 4 pertanyaan kawan arifin berikut:

untuk apalagi PWIR itu?
1. Sekadar meramaikan organisasi profesi wartawankah?
2. Masih ada unsur "dendam" dengan PWI kah?
3. Karena kawan-kawan tidak bisa masuk ke organisasi lainkah?
4. atau untuk sebuah proyekkah?
Jika alasan kita merevitalisasi PJI dan PWIR, dengan 4 alasan di atas, maka sebaiknya kita urungkan saja keinginan itu. Karena kita menjadi kerdil karenanya. Saya fikir pemikiran kawan-kawan yang melakukan komunikasi dengan saya selama ini tidak terbersit pemikiran atau alasan demikian.
1. Jika sekedar meramaikan organisasi, kita sudah merupakan bagian dari 29 penandatangan rapat dewan pers yang memutuskan standar organisasi wartawan. Jadi tidak beralasan untuk sekedar meramaikan. Di atas itu kita meyakini prinsip jurnalisme yang kita yakini untuk diperjuangkan.
2. Kita berprinsip organisasi manapun yang memiliki platform yang sama adalah kawan seperjuangan, namun kita memahami bahwa dari oragnisasi wartawan yang ada secara prinsip belum dapat menjadi artikulasi untuk perjuangan prinsip kita, yakni profesionalisme, independensi dan bermartabat.
3. Jika ada kawan kita yang tidak bisa memasuki organisasi yang lain karena tidak memenuhi syarat sebagai wartawan, maka kita katakan tidak selayaknya masuk organisasi kita.
4. Proyek kita adalah menegakan prinsip yang kita yakini un tuk diperjuangkan, selain itu kita tidak mengenal proyek lain sebagai organisasi wartawan.
Betul kata kawan Arifin Siregar bahwa kita perlu menjawab ini.

No comments:

In May Facebook